Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

Bagaimana memilih bisnis online yang cocok dengan kita? Jawaban atas pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh kita sendiri. Cocok menurut kita itu apa? Jika hal ini ditanyakan pada saya, maka jawabannya adalah: Yang paling Saya Sukai. Kebetulan saya suka utak-atik web, saya suka orang bisa melihat dan membaca tulisan saya serta hasil karya saya dalam penerapan ilmu web programming yang saya pelajari. Nah, sekarang apa kegemaran anda?

Saat mencari bisnis yang cocok ada pantangan yang harus Asep patuhi. Pantangan itu adalah PROTES!! Kamu dilarang protes apapun saat melakukan pencarian. Seringkali kita ini kan gagal dalam menentukan jalan gara-gara kebanyakan protes. Padahal yang usul kita sendiri lho. Aneh kan? Jadi biarkan dulu ide itu mengalir.

Baik mari kita mulai menggali ide bisnis yang cocok untuk kita sendiri.

1. Gali Potensi
Pertama, tuliskan apa saja aktifitas, topik atau kegemaran anda. Apa aja yang membuat Asep merasa nyaman dan senang melakukannya. Asep yang doyan makan, tulis doyan makan. Yang hobby nonton, silahkan tulis. Yang hobby sepakbola, tulis saja. Ingat pantangannya? Dilarang Protes!! Jangan berusaha mempertanyakan keputusan Asep sendiri. You are the BOS!

Bahkan, jika Asep punya hobby yang nggak wajar sama sekali, tulis saja. Dulu ada member saya yang minder karena hobby-nya nggak populer sama sekali. Yaitu parkhour. Tapi ternyata beberapa tahun kemudian, hobby ini jadi trend juga. Dulu ketika saya mengawali membuat tutorial wordpress, gak ada satupun web Indonesia yang ngasih panduan step by step. Bahkan di luar negeripun gak ada blog yang mau ngasih panduannya. Sekarang, entah udah berapa ribu web yang bikin panduan WordPress.

Jadi, jangan pernah memprotes dan memikirkan apalagi merendahkan apa yang jadi kegemaran anda. Yang rugi Asep sendiri nanti. PASTI ITU !!

2. Pelajari Hingga Sedetil Mungkin
Setelah Asep tulis apa yang jadi minat anda, pilih satu saja yang paling Asep suka. Kemudian pelajari dan bergabunglah dengan komunitas yang sesuai minat anda. Jika belum bisa menemukan, maka buat sendiri saja. Gunakan facebook atau twitter khusus membahas itu. Misalnya “Kumpulan Penggemar Permen Karet” .

Pelajari juga segala hal yang berhubungan dengan tema itu. Misalnya kalau permen karet ya cari tahu dimana saja toko yang spesial menjual permen karet, kumpulin aneka resep bagaimana membuat permen karet dan mungkin teknik-teknik membuat balon permen karet yang besar. Apa aja deh. Intinya, jadilah MASTER DI BIDANG YANG Kamu SUKA !!

3. Cari unsur bisnisnya
Saya selalu yakin, apapun bidangnya, pasti ada unsur bisnisnya. Menurut saya, gak ada satu hobby-pun yang gak menghasilkan duit. Hobby tidur gimana bos? Eeh.. jangan salah ya. Sekarang tuh banyak orang stress gak bisa tidur. Bahkan beli obat ratusan juta hanya supaya bisa tidur. Nah, cari tahu bagaimana kok Kamu bisa gampang tidur, gimana Kamu bisa tidur pulas bahkan saat ada mercon di sebelahpun nggak bangun. Cari ilmunya dan jadilah master of sleeping technique.

Heey.. ini gak becanda lho. Serius!! Saya kenal orang yang hampir aja dikasih mobil (beliau menolak soalnya) hanya gara-gara bisa bikin orang ngantuk dan akhirnya tidur pulas. Nih orang katanya udah 4 hari gak tidur. Itupun gara-gara dia berusaha gak mau minum obat tidur. Biasanya dia tidur tuh harus pakai obat. Trus gimana caranya orang ini bisa tidur tanpa pakai obat apapun? Hehehe.. musti bayar saya pakai mobil kalau mau tahu xixixi..

Nah, unsur bisnis tuh bisa banyak bentuk. Mulai jualan ILMUnya. Jualan PERANGKATnya. Jualan PRODUKnya. Jualan ASESORISnya. Contohnya WordPress ya. Jualan produknya jelas gak mungkin kan? Lha WordPress-nya aja gratis kok. Maka saya jualan ILMU-nya. WordPress-nya emang gratis, tapi kalau sampeyan gak ngerti ilmunya, gak ngerti cara pakainya, mau apa??

Anda yang hobby masak, jangan cuma share resep doang, tapi sekalian jual panci yang paling cocok untuk masakan anda, jual bumbu siap pakai, jual celemek cantik, dll. Itu namanya jual Perangkat.

Nah, jika Kamu sudah mendapatkan ketiga point diatas, buatlah catatan khusus dan tempel di tempat kerja. Ini akan jadi blueprint sukses Asep nantinya. InsyaaLlah di ebook ini saya akan ajarkan hal-hal teknis untuk menjalankan strategi Kamu tersebut. Misalnya nih Kamu hobby permen karet, maka yang perlu Kamu pelajari adalah

Riset kata kunci untuk menentukan dalam hal apa orang mencari permen karet
Membangun blog yang bertemakan permen karet
Melakukan optimasi agar ketika ada yang mencari kata kunci yang Asep target, maka web Asep jadi nomor 1
Menjalankan bisnis anda, tergantung rencana yang sudah Asep susun. Jika toko online, maka belajar soal toko online. Jika sebatas informasi, maka bisa ikutan PPC atau jika Kamu menemukan program affiliasi yang sesuai ya tinggal menyiapkan strategi penjualannya saja.
Tapi keempat hal tersebut dan bahkan seluruh isi ebook ini, tidak akan jadi manfaat apapun dan hanya akan membingungkan Kamu jika Kamu tidak menyiapkan ketiga hal yang saya terangkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *